Indiarto, Denni (2018) MULTIPLE SEM DALAM PERSPEKTIF KELAS UNGGULAN UNTUK MENGANALISIS HUBUNGAN KINERJA GURU IPA, MOTIVASI BELAJAR IPA, DAN HASIL BELAJAR IPA SMPN 2 SARONGGI. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
Denni Indiarto 715.7.1.029012.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Peran guru dalam pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru IPA, motivasi belajar IPA, dan hasil belajar IPA dalam perspektif kelas unggulan di kelas VIII SMPN 2 Saronggi. Metode pada penelitian ini yaitu analisis SEMSmart PLS03 dan mengetahuai perbedaan hubungan variabel dari dua kelompok menggunakan analisis SEM dengan multiple group. Pada penelitian ini diperoleh hasil: 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru IPA dengan motivasi belajar IPA, karena Pvalue>0,05 yaitu 0,329, 2) terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar IPA dengan hasil belajar IPA, karena P-value (0,003)<0,05, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru IPA dengan hasil belajar IPA, karena P-value (0,000)<0,05, 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hubungan kinerja guru IPA terhadap hasil belajar IPA antara kelas unggulan denga kelas reguler, karena nilai t-hitung dari data nilai standar error dan koefisien jalur (-0,182)<t-tabel Kesimpulannya yaitu secara keseluruhan terdapat hubungan yang signifikan antar variabel kecuali hubungan kinerja guru IPA dengan motivasi belajar IPA dan tidak terdapat perbedaan hubungan kinerja guru IPA dengan hasil belajara IPA antara kelas unggulan dan kelas reguler. Kata kunci: kinerja, motivasi, hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Ahmad Luthfi |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 03:14 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 03:39 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |