Nisak, Khairun (2024) Efektifitas Media Papan Flanel Terhadapkemampuan Berhitung Penjumlahan Siswa Kelas 1 SDN Pinggir Papas II. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (220kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text (BAB III)
FIle6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas media papanflanel terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas 1 di SDNPinggir Papas II. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya penggunaanmedia pembelajaran dalam pembelajaran matematika, yang menyebabkanrendahnya minat belajar siswa. Selain itu, nilai siswa berada di bawahKKM, dengan persentase kelas A sebesar 60% dan kelas B sebesar 40%.Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen, dengan subjekpenelitian seluruh siswa kelas 1 SDN Pinggir Papas II dan objek penelitianefektifitas media papan flanel terhadap kemampuan berhitung siswa. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampelindependen. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitasdengan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Levene Statisticmenggunakan SPSS 25. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansipretest dan posttest pada kelas eksperimen (0,160 dan 0,200) serta kelaskontrol (0,080 dan 0,092) lebih besar dari 0,05, menunjukkan databerdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi(based on mean) sebesar 0,797, sehingga sampel memiliki varian yanghomogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuanberhitung penjumlahan siswa menggunakan media papan flanel lebih tinggidibandingkan tanpa menggunakan media. Hasil uji hipotesis menunjukkanbahwa media papan flanel efektif terhadap kemampuan berhitung siswa. Halini dibuktikan dengan hasil uji-t independen sample t-test, di mana padabagian "Equal variances assumed" diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar0,009 < 0,05, yang berarti Ho ditolak. Hasil rata-rata posttest kemampuanberhitung siswa kelas eksperimen 80,00 lebih tinggi dari 69,5 rata-rataposttest kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat efektifitas yang signifikanantara nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwamedia papan flanel efektif terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 1SDN Pinggir Papas II dalam pembelajaran matematika, khususnya padamateri penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Khairun Nisak 720720231 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Papan Flanel, Kemampuan Berhitung dan Matematika |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:09 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:09 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4471 |
Actions (login required)
View Item |