Farida, Anni (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Mindmapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Bahasaindonesia Kelas V SDN Gunggung I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (90kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (141kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswapada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Gunggung I.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakanpendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif. Sumber dari penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder,data primer terdiri dari hasil observasi dan wawancara pada guru dansiswa kelas V, sedangkan data sekunder terdiri dari data dokumentasiSDN Gunggung I. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan instrumenpenelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan lembardokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan 3 analisis yaitureduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengujian kreadibilitas datadari penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi diantaranya waktu, teknikdan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modelpembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswapada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Gunggung I yaitu, Membuat kegiatan belajar yang baik, menjadi lebih kreatif, membuatdaya ingat meningkat, membuat pembelajaran lebih mudah danmenyenangkan, membuat kegiatan belajar menjadi lebih cepat danefisien adalah cara yang digunakan guru dalam penggunaan modelpembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswayaitu untuk menumbuhkan ide kreatif, mengembangkan kreativitas dan dapat membuat siswa aktif saat pembelajaran berlangsung terkhususnya pembelajaran bahasa Indonesia Penggunaan model pembelajaran mindmapping ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatifsiswa serta supaya siswa mampu merasakan kegiatan pembelajaran yangbaik di setiap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Anni Farida 720720230 |
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Berpikir Kreatif dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:07 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:07 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4470 |
Actions (login required)
View Item |