Pengembangan modul ajar menulis puisi Berbasis mind mapping Dalam Melatih Keterampilan Siswa Kelas IV SDN Pandian I Kabupaten Sumenep

Fadilah, Feny Arizatul (2024) Pengembangan modul ajar menulis puisi Berbasis mind mapping Dalam Melatih Keterampilan Siswa Kelas IV SDN Pandian I Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB I)
FIle4.pdf - Accepted Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan alat komunikasi sehingga menulis puisi bisa menjadi sesuatu yang sangat penting untuk berbagai hal termasuk diantaranya penting bagisiswa maupun siswi, tentu dengan belajar misalnya maka siswa akan banyakmengetahui termasuk diantara adalah sastra sebagai ungkapan untukmenyampaikan ide-ide gagasan maupun imajinasi terhadap banyak hal.mengembangkan bahan ajar menggunakan metode Mind Mapping dalamketerampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Pandian I, KabupatenSumenep. Konsep dari Mind Mapping ini digunakan untuk menarik Pikiran pikiran kritis dari pengetahuan dani majinasi siswa menjadi serangkaian kat ayang dibuat menjadi puisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D(Research and Development) dengan tahapan model yang terdiri dari 5tahapan.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagan modul ajarmenulis puisi berbasis Mind Mapping dalam melatih keterampilan siswa kelas IVSDN Pandian I, Kabupaten Sumenep (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadappengembangan modul ajar pada siswa kelas IV SDN Pandian I, KabupatenSumenep. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk,respon siswa, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Modul Ajar MenulisPuisi Berbasis Mind pada siswa Kelas IV SDN Pandian 1 Sumenep memperolehhasil persentase validasi materi sebesar 87,5% dengan kategori “sangat layak” danvalidasi desain meperoleh persentase sebesar 90,0% dengan kategori “sangatlayak”. (2) Pengembangan Modul Ajar Menulis Puisi Berbasis Mind pada siswaKelas IV SDN Pandian 1 Sumenep mendapat respon positif dari siswa denganpersentase 93,60% dengan kategori “Sangat baik”. Disimpulkan bahwa mediaMind Mapping dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagaialternatif media pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Feny Arizatul Fadilah NPM720720220
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Menulis Puisi, Mind Mapping
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anton Budi Siswoyo
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:01
Last Modified: 23 Sep 2024 05:24
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4331

Actions (login required)

View Item View Item