Miranda, Oktaviana (2024) Pengembangan Media Pembelajaran “Sekuntumbuhan” Menggunakan Bahan Daur Ulang Sampah Kertas Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas VI. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (889kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (261kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (302kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran “Sekuntumbuhan” berbahan dasar daur ulang sampah kertas materi perkembangbiakan tumbuhan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran “Sekuntumbuhan” menggunakan bahan daur ulang sampah kertas materi perkembangbikan tumbuhan kelas VI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau sering disebut dengan research & development (R&D) dengan model 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate ( Penyebaran). Media pembelajaran diujicoba dua kali dengan subjek yang sama. Jenis data uji coba yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen kelayakan produk media pembelajaran „Sekuntumbuhan” materi perkembangbiakan tumbuhan menggunakan lembar validasi, skala yang digunakan adalah skala likert dengan kriteria nilai 1 sampai dengan 4. Instrumen respon siswa yang terdiri dari 10 pertanyaan diberikan pada 9 sisiwa, skala yang digunakan dalam instrument respon siswa adalah skala guttman dengan kriteria nilai 1 dan 0. Kelayakan produk didasarkan oleh ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penilaian ahli materi memperoleh persentase 85% dengan kriteria “Sangat Sesuai dan Tidak Revisi”; (2) Penilaian ahli media memperoleh persentase 84% dengan kriteria “Sangat Sesuai dan Tidak Revisi”; (3) Penilaian respon siswa memperoleh persentase 93% dengan kritreia “Sangat Baik”. Berdasarkan data tersebut maka media pembelajaran “Sekuntumbuhan” layak digunakan sebagai alternative media pembelajaran perkembangbiakan tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Oktaviana Miranda NPM720720215 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Sekuntumbuhan, Daur ulang |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:00 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4266 |
Actions (login required)
View Item |