Ulfah, Maria (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Papan Perkalian Berbantukan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas 3 Di SDN Pamolokan II. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (219kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (356kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran papan perkalian berbantukan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas 3 di SDN Pamolokan II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan model deskriptif dan ekspeimental dan pendekatan pre-eksperimental designs. Sampel dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas 3 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis perlu melakukan pengambilan data, pada penelitian ini peneliti menggunakan tes (pretest dan posttest). Adapun keterlaksanaan dari pretest dan posttest dapat dilihat dari rata-rata. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa yaitu 58,82 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa yaitu 75,88. Selanjtnya uji normalitas menggunakan teknik shapiro wilk karena sampel kurang dari 50 dan menggunakan uji homogenitas untuk mencari kelompok data yang homogen. Dari hasil uji normalitas menunjukkan P-Value pada Sig. (2-tailed) pada pretest sebesar 0,052 > 0,05, dan P-Value pada Sig. (2-tailed) pada posttest sebesar 0,071 > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal dan uji homogenitas pada based on mean sebesar 0,904 yang menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Maka uji hipotesis dapat dilakukan dengan uji-t (paired sample t-test) menggunakan bantuan software komputer SPSS 25 dan hasil perhitungan uji-t (paired sample t-test) menunjukkan hasil P-Value pada Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang artinya < 0,05 berarti Ho ditolak. Dengan demikian dari hasil uji hipotesis menyatakan bahwa media pembelajaran papan perkalian berbantukan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas 3 di SDN Pamolokan II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Maria Ulfa NPM720720214 |
Uncontrolled Keywords: | media papan perkalian dan kemampuan berhitung perkalian |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:00 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4199 |
Actions (login required)
View Item |