Safirah, Adinda Rifka (2024) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN Kalianget Timur V. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (312kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (342kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
FIle10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN Kalianget Timur V. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-eksmerimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 di SDN Kalianget Timur V yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada pengujian hipotesis perlu dilakukan pengambilan data menggunakan tes (pretest dan posttest). Adapun keterlaksanaan dari pretest dan posttest dapat dilihat dari nilai rata-rata. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa sebesar 59,55 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa sebesar 80,91. Selanjutnya melakukan uji normalitas menggunakan teknik Shapiro wilk karena sampel kurang dari 50 dan menggunakan uji homogenitas untuk mencari kelompok data yang homogen. Dari hasil uji normalitas menunjukkan P- Value pada sig. (2-tailed) pada pretest sebesar 0,085 > 0,05 dan P- Value pada sig. (2tailed) pada posttest sebesar 0,132 > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi pada based on mean sebesar 0,561 > 0,05 yang menunjukkan sampel berasal dari populasi yang homogen. Maka uji hipotesis dapat dilakukan dengan uji-t (paired sampel t-test) menggunakan bantuan SPSS versi 26 dan hasil perhitungan uji-t (paired sampel ttest) menunjukkan bahwa nilai P- Value pada sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Dengan demikian hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat keefektivan penggunaan strategi pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 di SDN Kalianget Timur V.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Adinda Rifka Safirah NPM720720212 |
Uncontrolled Keywords: | Joyfull Learning, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:57 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4187 |
Actions (login required)
View Item |