Dini, Meiry Alifian (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Batang Napier Berbantuan Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Marengan Daya I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (376kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (444kB) |
|
Text (BAB II)
FIle5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran batang napier berbantuan model pembelajaran PBL terterhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Marengan Daya I. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan model Quasy Eksperimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 46 siswaa, dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN Marengan Daya I Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk menguji hipotesis menggunakan statistik parametrik. Statistik parametrik yang digunakan oleh peneliti adalah uji t- (Independen Sampel T-test). Uji prasyarat dari uji-t sampel bebas (Independen Sampel T-test) adalah uji homogenitas dan normalitas dengan bantuan software computer SPSS ver 25. hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai posttest kelas kontrol (78,69 > 69,56). Hal ini dapat dibuktikan juga melalui hasil pengujian hipotesis uji-t independen sample t-test pada bagian “Equal variances assumed” diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,016 < 0,05 artinya Ho ditolak, Ha diterima. Dengan ini peneliti menyimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat efektivitas dari media pembelajaran batang napier berbantuan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Marengan Daya I.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Meiry Alifian Dini NPM720720203 |
Uncontrolled Keywords: | Batang Napier,PBL, Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:57 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4123 |
Actions (login required)
View Item |