Pengaruh Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Dengan Tingkat Pendidikan Orang Tua Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Di SMPN 2 Saronggi)

Maulidah, Rosyda (2024) Pengaruh Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Dengan Tingkat Pendidikan Orang Tua Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Di SMPN 2 Saronggi). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version

Download (92kB)
[img] Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka diharapkan dapat mengembangkan keterampilan abad 21, salah satunya adalah critical thinking (keterampilan berpikir kritis). Namun, berdasarkan hasil wawancara pada kenyataannya tingkat berpikir kritis peserta didik di SMPN 2 Saronggi masih kurang, sehingga peneliti ingin mengetahui faktor atau penyebab keterampilan berpikir kritis dari segi pengetahuan awal dan tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan awal terhadap berpikir kritis dengan tingkat pendidikan orang tua sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS sebagai alat untuk meregresikan model yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pengetahuan awal berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, hal ini dibuktikan dengan nilai P-Value sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat alpha 0,05. Tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dengan nilai P-Value sebesar 0,393 lebih besar dari tingkat alpha 0,05. Dan tingkat pendidikan orang tua tidak dapat memoderasi hubungan pengetahuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai P-Value sebesar 0,236 lebih besar dari tingkat alpha 0,05. Dan jenis variabel moderasi pada tingkat pendidikan orang tua adalah moderasi potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rosyda Maulidah NPM720710392
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Awal, Berpikir Kritis, Tingkat Pendidikan Orang Tua,SEM
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anton Budi Siswoyo
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:55
Last Modified: 19 Sep 2024 01:55
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item