Maulidah, Rosyda (2024) Pengaruh Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Dengan Tingkat Pendidikan Orang Tua Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Di SMPN 2 Saronggi). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (92kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (406kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (979kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka diharapkan dapat mengembangkan keterampilan abad 21, salah satunya adalah critical thinking (keterampilan berpikir kritis). Namun, berdasarkan hasil wawancara pada kenyataannya tingkat berpikir kritis peserta didik di SMPN 2 Saronggi masih kurang, sehingga peneliti ingin mengetahui faktor atau penyebab keterampilan berpikir kritis dari segi pengetahuan awal dan tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan awal terhadap berpikir kritis dengan tingkat pendidikan orang tua sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS sebagai alat untuk meregresikan model yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pengetahuan awal berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, hal ini dibuktikan dengan nilai P-Value sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat alpha 0,05. Tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dengan nilai P-Value sebesar 0,393 lebih besar dari tingkat alpha 0,05. Dan tingkat pendidikan orang tua tidak dapat memoderasi hubungan pengetahuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai P-Value sebesar 0,236 lebih besar dari tingkat alpha 0,05. Dan jenis variabel moderasi pada tingkat pendidikan orang tua adalah moderasi potensial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rosyda Maulidah NPM720710392 |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan Awal, Berpikir Kritis, Tingkat Pendidikan Orang Tua,SEM |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:55 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:55 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4087 |
Actions (login required)
View Item |