Pengaturan Terhadap Hak dan Kewajiban Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Jannah, Saidatul (2024) Pengaturan Terhadap Hak dan Kewajiban Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
FILE 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
FILE 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf - Accepted Version

Download (396kB)
[img] Text (BAB1)
FILE 4.pdf - Accepted Version

Download (112kB)
[img] Text (BAB2)
FILE 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
FILE 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
FILE 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 8..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dimana hak konsumen adalah suatu individu berhak untuk mendapatkan perlidungan, berhak mengeluarkan pendapat, berhak untuk bertindak, berhak untuk mendapatkan pendidikan, berhak atas kenyamanan dan berhak untuk memilih sesuai dengan keinginannya. kewajiban konsumen adalah diwajibkan kepada konsumen untuk membaca dan mengikuti petunjuk informasi, beritikat baik dalam melakukan transaksi, membayar sesuai dengan nilai tukar yang telah disepakati serta mengikuti penyelesaian sengketa secara patut. Konsumen sering mengalami kerugian Sehingga, kedudukan antara pelaku usaha dengan konsumen pun dinilai tidak seimbang. Perumusan dalam penelitian ini yaitu pengaturan hak dan kewajiban menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan akibat hukum pelanggaran hak berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaturan hak dan kewajiban konsumen serta bagaimana akibat hukum pelanggaran hak konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen. Metode penelitian dalam Penelitian ini mengunakan metode penelitian hukum normatif penulisan yang dilakukan dengan cara mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku atau diterapkan terhadap suatu permasalahan.dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Undang-Undang Perlindungan Konsumen hak dan kewajiban konsumen dijalankan berdasarkan peraturan hukum yang berlaku. Bentuk perlindungan hukum bertujuan untuk melindungi hak dan kewajiban konsumen dengan menanggung ganti kerugian apabila terdapat konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha. Akibat hukum dari jual beli barang cacat yaitu Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dihasilkan atau diperdagangkan”. Ganti rugi dapat berupa Pengembalian uang, Penggantian barang sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Konsumen memiliki hak untuk menggugat pelaku usaha melalui lembaga penyelesaian sengketa atau peradilan umum jika merasa dirugikan. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Akibat Hukum, UUPK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saidatul Jannah NPM720412171
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Akibat Hukum, UUPK
Subjects: 300 – Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Saidatul Jannah
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:09
Last Modified: 02 Aug 2024 04:09
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item