Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Ke/as I di SDN Sepanjang V.

Firnanda, Firnanda (2023) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Ke/as I di SDN Sepanjang V. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (cover)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version

Download (259kB)
[img] Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter siswa kelas 1 di SDN Sepanjang V. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan jenis studikasus sebagai metode penyelidikan atau pemeriksaan secara mendalam pada suatu peristiwa tertentu atau khusus yang terjadi. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah semua Guru di SDN Sepanjang V. Sedangkan sampel penelitiannya adalah Guru Kelas 1 SDN Sepanjang V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 1 SDN Sepanjang V telah membentuk karakter siswa menjadi menjadi pembimbing, pendidik, motivator dan lain sebagainya. Guru kelas 1 SDN Sepanjang V sudah membentuk karakter siswa dengan menjadi pembimbing dalam mengarahkan hal yang baik dan buruk kepada siswa seperti selalu bersikap jujur, membiasakan kebiasaan baik kepada siswa baik di lingkungan sekolah maupun dirumah seperti melatih kedisiplinan siswa datang ke sekolah dan mengerjakan tugas rumah, membiasakan membaca doa sebelum belajar dan menjaga kebersihan sekolah. Guru kelas 1 SDN Sepanjang V sudah membentuk karakter siswa dengan menjadi pendidik yaitu mernbiasakan perilaku-perilaku baik seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, saling memaafkan scsama teman dan menghormati semua orang. Guru kelas 1 SDN Sepanjang V sudah membentuk karakter siswa dengan menjadi motivator yaitu memberikan motivasi baik di dalam maupun luar lingkungan sekolah seperti memberikan hadiah bagi siswa yang mendapatkan nilai tinggi agar menarik keinginan siswa lain untuk berprestasi juga, serta menciptakan suasana belajar yang menarik untuk menghindari siswa dari kebosanan selama proses belajar dan mengajar di sekolah baik lewat belajar sambil bermain, belajar diluar kelas, di perpustakaan bahkan belajar diluar sekolah untuk pengenalan lingkungan luar sekolah. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter, dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter, dan Siswa
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:05
Last Modified: 28 Feb 2024 03:05
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item