Firnanda, Firnanda (2023) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Ke/as I di SDN Sepanjang V. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (cover)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version Download (259kB) |
|
Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (386kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter siswa kelas 1 di SDN Sepanjang V. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan jenis studikasus sebagai metode penyelidikan atau pemeriksaan secara mendalam pada suatu peristiwa tertentu atau khusus yang terjadi. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah semua Guru di SDN Sepanjang V. Sedangkan sampel penelitiannya adalah Guru Kelas 1 SDN Sepanjang V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 1 SDN Sepanjang V telah membentuk karakter siswa menjadi menjadi pembimbing, pendidik, motivator dan lain sebagainya. Guru kelas 1 SDN Sepanjang V sudah membentuk karakter siswa dengan menjadi pembimbing dalam mengarahkan hal yang baik dan buruk kepada siswa seperti selalu bersikap jujur, membiasakan kebiasaan baik kepada siswa baik di lingkungan sekolah maupun dirumah seperti melatih kedisiplinan siswa datang ke sekolah dan mengerjakan tugas rumah, membiasakan membaca doa sebelum belajar dan menjaga kebersihan sekolah. Guru kelas 1 SDN Sepanjang V sudah membentuk karakter siswa dengan menjadi pendidik yaitu mernbiasakan perilaku-perilaku baik seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, saling memaafkan scsama teman dan menghormati semua orang. Guru kelas 1 SDN Sepanjang V sudah membentuk karakter siswa dengan menjadi motivator yaitu memberikan motivasi baik di dalam maupun luar lingkungan sekolah seperti memberikan hadiah bagi siswa yang mendapatkan nilai tinggi agar menarik keinginan siswa lain untuk berprestasi juga, serta menciptakan suasana belajar yang menarik untuk menghindari siswa dari kebosanan selama proses belajar dan mengajar di sekolah baik lewat belajar sambil bermain, belajar diluar kelas, di perpustakaan bahkan belajar diluar sekolah untuk pengenalan lingkungan luar sekolah. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter, dan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter, dan Siswa |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 03:05 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 03:05 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3220 |
Actions (login required)
View Item |