Fadilah, Anisatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan Dengan Model Pembelajaran CTL Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Cover)
File 1_c.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version Download (259kB) |
|
Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (379kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
|
Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, permasalahan yang ditemukan yakni terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA, serta keterbatasan media yang dapat menunjang siswa dalam pembelajaran IPA materi perkembang biakan hewan dan tumbuhan. Maka dari itu peneliti mengembangkan media Pop Up Book dengan model pembelajaran CTL yang difungsikan untuk membantu siswa dalam pembelajaran IPA materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan serta mengetahui respon siswa terhadap media Pop Up Book dengan model CTL sebagai media ajar peekembang biakan hewan dan tumbuhan pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dalam bahasa Inggris disebut Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate).Jenis data yang digunakan yaitu data k:ualitatif yang diperoleh dari saran dan masukan para validator, dan siswa. Sedangkan data k:uantitatif diperoleh dari skor basil penilaian validator dan skor hasil respon siswa. Media Pop Up Book dengan model CTL memperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 93%, dan hasil validasi ahli media sebesar 92%. Berdasarkan basil yang diperoleh media Pop Up Book dengan model CTL termasuk dalam kategori sangat layak dan tidak revisi. Sedangkan untuk respon siswa terkait media Pop Up Book dengan model CTL, diperoleh hasil persentase sebesar 91 % dari respon siswa pada uji coba lapangan. Sehingga media Pop Up Book dengan model CTL ini dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book dengan model CTL dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media ajar membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Pop Up Book, Model CTL
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop Up Book, Model CTL |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 03:36 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 03:36 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3218 |
Actions (login required)
View Item |