Pengembangan E-modul Water Cycle Pada Siswa Kelas III SD

Basriliyan, Wahyu Dwi (2023) Pengembangan E-modul Water Cycle Pada Siswa Kelas III SD. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version

Download (266kB)
[img] Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi sains di Indonesia yang diakibatkan oleh kurang menariknya sumber dan media pembelajaran. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh metode yang digunakan guru dalam pembelajaran yaitu ceramah. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu aplikasi water cycle. Aplikasi water cycle sendiri adalah bahan ajar berbentuk modul elektronik yang bisa disajikan dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstall di gadget masing-masing siswa dan bisa diakses secara oflf ine. Aplikasi ini dapat diperoleh dari peneliti yang nantinya bisa dikirim lewat WhatsApp dan Shareit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aplikasi cycle dalam membantu siswa kelas III SD dalam materi proses turunnya hujan serta untuk mengetahui respon siswa kelas III SD terhadap aplikasi water cycle dalam membantu siswa kelas III SD dalam materi proses turunnya hujan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Model yang digunakan peneliti adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implemantasi (lmplementation) dan Evaluasi (Evaluations). Namun karena adanya keterbatasan waktu dan pada penelitian ini hanya mengembangkan media tanpa perangkat pembelajaran, maka peneliti hanya menggunakan 4 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implemantasi (Implementation). Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini berupa lembar validasi produk (validasi materi dan validasi media) dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil validasi materi 90% dan media 95% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil pengisian angket respon siswa mendapat respon positif dengan persentase 94%. Sehingga media aplikasi e-modul water cycle layak digunakan sebagai sumber dan media pembelajaran bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Aplikasi, Water Cycle

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Aplikasi, Water Cycle
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:48
Last Modified: 23 Feb 2024 03:48
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item