Nuraini, Siti (2023) PEMBANGUNAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI KABUPATEN SUMENEP (STUDI PADA BIDANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
FILE 1. COVER.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
FILE 2. DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text (ABSTRAK)
FILE 3. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (27kB) |
|
Text (BAB1)
FILE 4. BAB I.pdf - Accepted Version Download (142kB) |
|
Text (BAB2)
FILE 5. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text (BAB3)
FILE 6. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text (BAB4)
FILE 7. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text (BAB5)
FILE 8. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
Text (BAB6)
FILE 9. BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
FILE 11. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembangunan pendidikan berkualitas sebagai dukungan dari adanya sustainable development goals (SDGs) melalui standar nasional pendidikan di tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep. Menggunakan metode penelitin deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan pendidikan telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep melalui pengawasan serta mengiventarisasi seluruh pengesahan atas rekomendasi pengawas binaan satuan pendidikan sekolah dasar terutama pada SD Negeri Manding Laok 1, SD Negeri Lalangon I, serta SD Negeri Paberasan II dengan mengacu pada 8 (delapan) lingkup yaitu: a) Standar Isi dalam kerangka dasar dan struktur kurikulum terdapat mata pelajaran dan materi ajar dengan melaksanakan sistem belajar-mengajar sesuai susunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Kurikulum 2013 sesuai jadwal kalender akademik meliputi bentuk b) proses pembelajaran melalui pemberian penilaian terhadap prestasi dan psikomotorik siswajuga penerapan budaya sekolah dan c) kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) (KI-1 Sikap Spriritul, KI-2 Sikap Sosial, KI-3 Pengetahuan, KI-4 Keterampilan), d) Pendidik dan Tenaga Kependidikan telah memiliki kualifikasi akademik, dan capaian kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional) walaupun e) Sarana Prasarana sekolah belum melengkapi karena kurangnya dana seperti ruang sirkulasi, ruang TU, ruang praktik, ruang konseling dan ruang OSIS. f) Standar Pengelolaan meliputi perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, serta pengawasan dan evaluasi sistem pengelolaan yang dijalankan sesuai Visi, Misi dan Tujuan sekolah, g) Pembiayaan berasal dari dana BOS, dana APBN dan APBD, serta h) Penilaian Pendidikan terkait KKM per-semester dengan mempertimbangkan kemampuan siswa melalui rapat guru. Kata Kunci: Sustainable Development Goals (SDGs), Pendidikan Berkulitas, Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sustainable Development Goals (SDGs), Pendidikan Berkulitas, Standar Nasional Pendidikan (SNP) |
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:29 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:29 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3051 |
Actions (login required)
View Item |