Pengembangan Media Cuban Dalam Materi Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Kelas III SD. Skripsi

Akbar, Syd Moh Shaqil Sifri (2023) Pengembangan Media Cuban Dalam Materi Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Kelas III SD. Skripsi. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dunia pendidikan berkembang dan berubah dengan sangat cepat. Agar pendidikan dapat memenuhi tuntutan zaman, kegiatan pembelajaran harus diubah dan inovasi. Diharapkan bahwa kegiatan pembelajaran yang inovatif memungkinkan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan tuj uan yang diharapkan. Guru harus mengambil langkah-langkah yang tepat dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan mata pelajaran PKn adalah salah satu contohnya Menemukan beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa dalam pelajaran yaitu guru PKn yang terlalu monoton dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Sehingga siswa cenderung kurang semangat dalam belajar, sehingga membutuhkan inovasi untuk berupaya agar minat dan semangat siswa dalam belajar pelajaran PKn meningkat salah satunya dengan menggunakan media dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahapan model ADDIE yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2015) yang terdiri dari 5 tahapan.Penelitian ini bertujuan untuk: (I) Mengetahui Pengembangan Media Cuban Dalam Materi Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Kelas III SD (2) Mengetahui respon siswa terhadap Pengembangan Media Cuban Dalam Materi Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Kelas III SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk, respon siswa, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini berdasarkan validasi desain media dan materi dengan persentase berturut-turut sebesar 79% dan 86 % dengan kriteria "Sangat Layak" dan "Layak. (2) hasil respon siswa atau uji coba produk terhadap 20 orang siswa sekolah dasar diperoleh nilai dengan persentase sebesar 94% dengan kriteria "Sangat Baik". Maka dapat disimpulkan bahwa media Cuban dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai altematif media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Cuban

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:55
Last Modified: 02 Feb 2024 04:07
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item