PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI PETUALANGAN ALI DAN AJI SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Aisah, Siti Nur (2022) PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI PETUALANGAN ALI DAN AJI SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB I)
FILE 4.pdf

Download (312kB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan semakin cepatnya arus globalisasi dalam dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Dampak dari globalisasi dalam dunia pendidikan ditandai dengan dari perkembangan teknologi-teknologi baru Dengan adanya perkembangan tersebut memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan. Perkembangan TIK dalam aspek pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Video edukasi menjadi salah satu alternatif belajar siswa yang dapat guru pilih untuk meningkatkan antusias belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahapan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono (2014) yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai 7 tahapan hal ini sebabkan karena keterbatasan waktu, biaya serta akibat kondisi pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan video edukasi petualangan Ali dan Aji sebagai alternatif belajar (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan video edukasi petualangan Ali dan Aji sebagai alternatif belajar siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Mendesain Karakter animasi Ali dan Aji serta beberapa animasi lainnya pada Aplikasi Adobe illustrator dan pixellap serta dalam pembuatan editing video menggunakan aplikasi Aftereffect dan Voice Changer. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk, respon siswa dan observasi, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penelitian pengembangan ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli berupa angket skala likert dan respon siswa menggunakan angket skala ghuttman. Hasil dari validasi materi mendapatkan persentase sebesar 98,44% dengan kategori layak. Hasil dari validasi ahli desain mendapatkan persentase sebanyak 86,54% dengan kategori layak. Respon siswa mendapatkan respon positif pada uji coba awal dengan skala besar yang dapat dilihat dari hasil rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut maka Video Edukais Petualangan Ali dan Aji kelas IV sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video edukasi petualangan Ali dan Aji dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai alternatif belajar bagi guru dan siswa. Kata Kunci : Video, Petualangan Ali dan Aji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:02
Last Modified: 27 Dec 2022 04:02
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item