HALAMAN SAMPUL PENGEMBANGAN BROSUR MEMUAT SOCIO SCIENTIFIC ISSUE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Alkarima, Nisa (2022) HALAMAN SAMPUL PENGEMBANGAN BROSUR MEMUAT SOCIO SCIENTIFIC ISSUE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (abstrak)
3. Abstrak-Abstrack (NISA ALKARIMA).pdf

Download (81kB)
[img] Text (bab 1)
4. Bab 1 (NISA ALKARIMA).pdf

Download (204kB)

Abstract

Brosur memuat socio scientific issue merupakan bahan ajar yang dikemas untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis peserta didik. peningkatan kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh konsep prosedural sains yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam topik isu yang diberikan sehingga akan berpikir kritis mengenai penyelesaian dari permasalahan yang diberikan, brosur yang dikembangkan juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang menarik, karena bentuknya praktis dan memberi kesan memudahkan peserta didik untuk belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan brosur memuat socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta respon guru dan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Sumenep. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) brosur memuat socio scientif issue sangat valid digunakan dengan perolehan nilai sebesar 92,36%, (2) Hasil uji efektivitas menggunakan (uji-t) pada nilai pre-test dan post-test memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai yang diperoleh 0,000 < 0,05. maka terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum menggunakan brosur memuat socio scientific issue dengan sesudah menggunakan brosur memuat socio scientific issue.(3) Hasil rata-rata respon guru sebesar 83.54% dengan kriteria penafsiran respon baik (4) Hasil rata-rata respon peserta didik sebesar 92.87% dengan kriteria penafsiran sangat baik. Kata Kunci:, Brosur, Socio scientific issue, Berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:04
Last Modified: 13 Jan 2023 03:56
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item View Item