PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS LINGKUNGAN MASYARAKAT PESISIR UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 5 SUMENEP

Mardalina, Fitriya (2019) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS LINGKUNGAN MASYARAKAT PESISIR UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 5 SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (359kB)

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas IX SMPN 5 Sumenep adalah (1) petunjuk praktikum IPA belum memuat komponennya secara jelas dan lengkap, (2) petunjuk praktikum yang digunakan di kelas IX belum diintegrasikan dengan lingkungan masyarakat pesisir. Hal tersebut menjadikan proses pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap petunjuk praktikum IPA berbasis lingkungan masyarakat pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D. Instrumen pengambilan data yang digunakan terdiri dari instrumen kelayakan produk dan instrumen respon siswa. Uji coba awal (Initial Testing) dilakukan kepada 5 siswa dan uji coba kuantitatif (Quantitative Testing) dilakukan kepada 31 Siswa. Hasil kelayakan petunjuk praktikum IPA berbasis lingkungan masyarakat pesisir dari hasil validasi aspek materi dan desain memperoleh rata- rata persentase 100% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa terhadap petunjuk praktikum IPA berbasis lingkungan masyarakat pesisir memperoleh persentase 95% dengan kategori sangat baik sehingga petunjuk praktikum IPA berbasis lingkungan masyarakat pesisir sangat layak digunakan sebagai bahan ajar untuk melaksanakan kegiatan praktikum. Kata kunci: Petunjuk Praktikum, IPA, Pesisir, 4-D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:08
Last Modified: 24 Nov 2021 07:08
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item