PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS KURIKULUM 2013 TERHADAP KETERAMPILAN 4C MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21

Lamhatin, Fuji (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS KURIKULUM 2013 TERHADAP KETERAMPILAN 4C MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
CD 2.pdf

Download (270kB)
[img] Text (Bab I)
CD 4.pdf

Download (279kB)

Abstract

Berpikir tingkat tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation (4C). Keterampilan 4C dirancang untuk mengikuti perkembangan zaman di abad 21 menyesuaikan dengan revisi kurikulum. Revisi dalam kurikulum 2013 difokuskan untuk standar isi dan standar penilaian. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat validitas instrumen, peningkatan 4C dan respon siswa dan guru di MTs Nurul Huda Kecamatan Rubaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development model pengembangan Dick And Carry. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil uji coba yang diperoleh untuk mengetahui tingkat validitas instrumen HOTS dalam pembelajaran IPA menunjukkan rata-rata skor total CVR dan CVI ≥ 1 (layak), peningkatan keterampilan 4C a) keterampilan komunikasi mengalami peningkatan mencapai 51,79% b) keterampilan kolaborasi 51,79% c) keterampilan berpikir kritis 67,86%. d) keterampilan berpikir kreatif 54,46% dengan kriteria terdapat peningkatan yang cukup signifikan, respon positif siswa adalah 67,5% respon guru dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat tercapai. Kata kunci: Penilaian HOTS, Keterampilan 4C, Abad 21

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 24 Nov 2021 06:10
Last Modified: 24 Nov 2021 06:10
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item