Fatimah, Sri Nur (2016) Pengaruh Model Inkuiri Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
Siti Nur Fatimah 712.7.1.0186.Image.Marked.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran IPA sangat penting untuk dipelajari karena siswa dapat mengetahui fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan seharihari. Belajar IPA memerlukan suatu model dan metode yang mengarahkan kepada pemecahan suatu masalah sehingga siswa dapat mengamati secara langsung fenomena yang terjadi. Seorang guru dalam memilih suatu model harus menyesuaikan dengan karakteristik pelajaran yang akan diajarkan, salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakter IPA yaitu model inkuiri. Model inkuiri dirancang untuk mengajak siswa secara langsung ke dalam proses ilmiah dengan waktu yang relatif singkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri melalui metode eksperimen dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan quasi experimental design. Data yang di analisis berupa nilai posttest yang di uji menggunakan Independen Samples t Test. Hasil penelitian yang diperoleh, nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 58,950 dan kelas eksperimen sebesar 72,917 dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri dengan menggunakan metode eksperimen berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Metode Eksperimen, Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 03:04 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 03:04 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
View Item |