Musdalifah, Siti (2016) Implementasi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Ambunten. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
SITI MUSDALIFAH 711.7.1.0146.Image.Marked.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran IPA merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisir, tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah. Tujuan peneliti ini adalah (1) kererlaksanaan pembelajaran dan (2) hasil belajar di SMPN 1 Ambunten kelas VII-C dengan menggunakan dua siklus. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2 x 40 menit. Analisis data yang digunakan yaitu, (1) presentase keterlaksanaan dan (2) uji t dua sampel berpasangan (paired sampel t-test). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa. (1) pada keterlaksanaan pembelajaran Problem Based Learning termasuk pada kategori sangat baik dengan presentase rata-rata sebesar 100%. Sedangkan (2) pada hasil uji t dua sampel berpasanagn (paired sampel t-test) menunjukkan pada siklus I hasil yang diperoleh sebesar 77,33 dan siklus II sebesar 86,67 dengan nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 02:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 02:57 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1088 |
Actions (login required)
View Item |