Pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui metode make a match dipadu diskusi terhadap prestasi belajar kelas VII di SMPN 2 Saronggi.

Sari, Nila (2016) Pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui metode make a match dipadu diskusi terhadap prestasi belajar kelas VII di SMPN 2 Saronggi. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Nila Sari 712.7.1.0178.Image.Marked.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Kemajuan Iptek yang begitu pesat sangat mempengaruhi perkembangan dalam dunia pendidikan terutama pendidikan IPA di Indonesia. Dengan belajar pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar dengan mengembangkan lebih lanjut dalam penerapannya kehidupan sehari-hari . pretasi belajar yang rendah dari siswa perlu mendapatkan penanganan yang serius dari lembaga pendidikan sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dan bervariasi untuk meningkatkanhasil belajar IPA. Salah satunya yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui metode make a macth dipadukan dengan diskusi terhadap prestasi belajar siswa di kelas VII SMPN 2 saronggi. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling memberikan pendapat atau pemikiran yang siswa miliki, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi melalui make a match terhadap hasil belajar siswa dan penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Saronggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu uji independent samples test. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata posttest di kelas kontrol 64,67 dan kelas eksperimen 72,33. Berdasarkan hasil independent samples test terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan signifikansi 0,000, dengan demikian dapat diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui metode make a macth dipadukan dengan diskusi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Diskusi, Make A Match, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:38
Last Modified: 25 Jun 2020 02:38
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item