Sakti, M.R (2016) Penerapan Make A Match Menggunakan Kartu Tazos Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VIIB MTs Tanwirul Hija. Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
M.R. Sakti 712.7.1.0176.Image.Marked.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIIB MTs. Tanwirul Hija melalui penerapan Make a Match dengan menggunakan kartu Tazos. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran diadopsi dari Kemmis dan MC Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi . Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi serta kuisioner angket. Data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji paired t-test, sedangkan afektif dan motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : 1) Keterlaksanaan pembelajaran meningkat sebesar 92% dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rata-rata sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 100% dan afektif siswa sebesar 81,2% dengan kategori sangat tinggi. 3). Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 83,7% dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci: Make a Match, Kartu Tazos, PTK, Hasil Belajar, Motivasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 02:24 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 02:24 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |