Agustin, Fajriyah (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Ambunten. Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
Fajriyah Agustin 712.7.1.0165.Image.Marked.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Mempelajari IPA pada prinsipnya tidak cukup sekedar menghafal suatu konsep melalui buku pelajaran, namun hakikat pembelajaran IPA adalah produk dan proses. Belajar IPA memerlukan suatu model dan metode yang mengarahkan kepada pemecahan suatu masalah sehingga siswa dapat mengamati secara langsung fenomena yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar siswa, (2) keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.. Teknik analisis data meliputi (1) prestasi belajar yang dianalisis menggunakan uji t dua sampel independen, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) prestasi belajar siswa meningkat dengan nilai signifikansi 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar siswa, (2) keterlaksanaan pembelajaran IPA menghasilka persentase rata-rata keterlaksaaan pembelajaran sebesar 89% dengan kategori keterlaksanaan sagat baik, hal ini menunjukkan kesesuaian pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 07:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 07:44 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
View Item |