Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Ular tangga IPA Tema Tekanan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura.

Windasari, Dwi Andini (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Ular tangga IPA Tema Tekanan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Andini Dwi Windasari 712.7.1.0159.Image.Marked.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis game ular tangga untuk kelas VIII materi tekanan. Namun tujuan dari penelitian ini secara khusus adalah: (1) mengetahui tingkat kelayakan game ular tangga IPA sebagai media pembelajaran; (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan game ular tangga IPA sebagai media pembelajaran; (3) mengetahui aktivitas siswa menggunakan game ular tangga IPA; (4) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis game ular tangga IPA; (5) mengetahui respon siswa terhadap game ular tangga IPA sebagai media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode angket. Data dianalisis menggunakan persentase dan uji independent sampel t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan rating rata-rata 83%; (2) keterlaksanaan pembelajaran rata-rata pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 84,37% termasuk dalam kategori sangat baik; (3) aktivitas siswa rata-rata pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 81,5% juga termasuk dalam kategori sangat baik; (4) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen rata-rata 81,98 dan kelas kontrol 63.66. Berdasarkan uji-t pada pertemuan pertama dan kedua didapat nilai Asymp Sig. (2tailed) 0,001 < 0,05 dan Asymp Sig. (2tailed 0,000 < 0,05 pada taraf signifiansi 5%, sehingga dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan handout dengan media game ular tangga IPA berbeda atau lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan handout. Respon siswa pada uji coba dan uji pemakaian 100% memberi respon positif Kata Kunci: Game Ular Tangga IPA, Kelayakan, Aktivitas belajar,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:33
Last Modified: 24 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item