PENINGKATAN NETWORKING DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF DEMI TERCIPTANYA PRODUK LOKAL DAERAH YANG BERDAYA SAING (Studi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep)

Ramadany, Arief (2017) PENINGKATAN NETWORKING DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF DEMI TERCIPTANYA PRODUK LOKAL DAERAH YANG BERDAYA SAING (Studi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Arief Ramadany 713.1.1.1894.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Produk lokal unggulan daerah akan membangkitkan semangat UMKM dalam menjalankan usahanya dengan menjalin hubungan dan kerja sama pihak luar. Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan produk unggulang lokal yang berdaya saing sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat namun pada sisi lain mempunyai keterbatasan dalam memasarkan produknya, dikarenakan isu - isu keterbatasan modal manusia (SDM), pengetahuan maupun teknologi produksi. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Peningkatkan Networking Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Demi Terciptanya Produk Lokal Daerah Yang Berdaya Saing dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui Peningkatkan Networking Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Demi Terciptanya Produk Lokal Daerah Yang Berdaya Saing dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep. Subjek penelitian ini informan kunci, utama dan pendukung, teknik pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep telah mampu dalam menjalankan networking dalam mengembangkan produk lokal daerah, dengan memberdayakan IKM yang lebih profesional yaitu 1) Pembentukan ekonomi kreatif lokal melalui IKM telah mampu dalam menggali potensi produk lokal daerah serta menfasilitasi adanya pemasaran 2) Merebut hati konsumen dalam membangun ekonomi kreatif dengan mendesain (packing) dan aroma produknya yang bisa memikat konsumen, 3) Pengaturan norma dengan memasarkan produk lokal, dengan baik serta desain kemasan produk dan norma lain dalam penentuan harga produk, 4) Melaksanakan dan penggalian produk lokal serta pemasaran produk dengan menggerakkkan ekonomi kreatif masyarakat desa agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kata kunci : Peningkatan Networking dan Ekonomi Kreatif Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:26
Last Modified: 23 Feb 2023 03:59
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item