Strategi Pengembangan Home Industry “Ibu Alim” Di Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep

Mahmudi, Mahmudi (2016) Strategi Pengembangan Home Industry “Ibu Alim” Di Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Mahmudi, 712.3.1.0604.Image.Marked.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Keripik paru sapi merupakan makanan ringan yang sangat enak dan istimewa. Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan industri makanan khususnya keripik paru, yang berada di Desa Pabian. Di Desa Pabian banyak berdiri unit usaha keripik paru dan Salah satu pengusaha yang sudah memiliki merek yang telah terdaftar adalah “Ibu Alim”. Pengembangan home industri keripik paru pada usaha Ibu Alim menghadapi kendala khususnya dalam hal pengetahuan, teknologi, pendapatan, serta pola memajukan dalam memasarkan produkya. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi yang tepat untuk dapat mengembangkan usaha tersebut agar mampu bersaing dalam merebut pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui strategi pengembangan home industry keripik paru di Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu pada home industri kecil keripik paru “Ibu Alim”yang ada di Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep dengan berbagai pertimbangan tertentu bahwa pengusaha tersebut sudah dikenal cukup lama dengan produksi yang cukup banyak serta mempunyai pemasok bahan baku yang tetap. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Meteode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil analisis yang dilakukan di “Ibu Alim) Desa pabian diperoleh hasil bahwa strategi pengembangan home industry kripik paru dengan analisis SWOT diketahui bahwa usaha home industry keripik paru di desa pabian kecamatan sumenep diketahui bahwa faktor lingkungan internal dari kekuatan yang paling menonjol yaitu Memiliki rasa yang renyah dengan skor 100. Sedangkan dari faktor lingkungan eksternal dari peluang, skor yang paling tinggi yaitu Harga jual produk memadai dengan skor 100. Dengan demikian dengan Memiliki rasa yang renyah serta Harga jual produk memadai pada usaha “Ibu Alim” mempunyai kesempatan untuk lebih banyak memproduksi keripik paru dari adanya rasa serta harga jual produk yang tetap terjaga untuk mendapatkan peluang pasar yang luas. Dari hasil analisis SWOT yang dilakukan menunjukkan bahwa posisi home industry keripik paru di desa pabian kecamatan kota kabupaten Sumenep berada pada kuadran I yaitu Agressive Strategy. Kata kunci : Strategi Pengembangan, Swot, Keripik Paru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:54
Last Modified: 30 Dec 2022 06:25
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item