Sarwini, Sarwini (2024) Peran guru dalam membentuk karakter Disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V Melalui pendidikan agama Islam di SDN Lapa Taman. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (96kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (182kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (998kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, Untuk mengetahui bagaiamana Peran Guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab Siswa kelas V melalui pendidikanAgama Islam di SDN Lapa Taman, Untuk mengetahui bagaimanakah strategimetode dan progam penguatan guru dalam membentuk karaktek disiplin dantanggung jawab siswa kelas V melalui pendidikan Agama Islam di SDN LapaTaman, Untuk mengetahui hambatan dan pendukung Guru dalam membentukkarakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V melalui pendidikan AgamaIslam di SDN Lapa Taman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif dengan sumber informan dari guru kelas, dan siswa. Teknis pengumpulandata dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data padapenelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Pengujian keabsahan data pada penelitian ini mengunakan teknik triangulasisumber,triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil pada penelitian ini bahwa prosespembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab anak kelas V di SDN LapaTaman ditinjau dari proses pembelajaran PAI di dalam kelas maupun di luar kelasserta dari budaya sekolah yang telah berjalan rutin. Sehingga didapat menjadikesatuan tentang peran guru dalam upaya pembentukan karakter disiplin dantanggung jawab siswa kelas V di SDN Lapa Taman. Hambatan yang didapat gurudalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V di SDN LapaTaman ialah sebagian siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah, sebagian siswamemiliki motivasi yang rendah. Dalam proses pembelajaran dan siswa acuh takacuh pada pajangan slogan terkait.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sarwini NPM720720237 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:59 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:59 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4564 |
Actions (login required)
View Item |