Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IV Melalui Metode UMMI Di SDN Pabian III

Ni'am, Ach. Syakir (2024) Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas IV Melalui Metode UMMI Di SDN Pabian III. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File10_compressed.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pembentukan karakter relegius siswakelas IV di SDN Pabian III. (2) Faktor Pendorong dan penghambat pelaksanaan metode ummi di SDN Pabian III. Metode penelitian yang dilakukan dalampenelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatanfenomena di mana bertujuan untuk dapat menggambarkan objek, peristiwa, ataukeadaan yang sesuai dengan latar belakang alamiah. Penelitian ini menggunakaninstrumen pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembentukan karakter religiussiswa kelas IV, faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan metode ummi. 1)Faktor pendorong harapan orang tua siswa terhadap ilmu agama, kemudianmelihat minimnya pembelajaran agama di sekolah negeri memberi contoh yangbaik kepada anak-anak Didik kita jadi kita tidak hanya terkesan memberi perintahkepada anak-anak. Tapi kita juga memberi contoh-contoh langsung pada anakanaklebih mudah untuk meniru apa yang kita lihat kan yang di lakukan jadidengan seperti itu anak-anak nanti termotivasi juga untuk bisa berubah, jadi tidakada paksaan. 2) Faktor penghambat Untuk faktor penghambatnya siswa yangtidak tinggal bersama orang tuanya atau tidak serumah kayak orang tuanya itu kejakarta kerja, jadi siswa tinggal sama budenya, iya cuma itu aja sih, jadi susahmemantaunya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ach, Syakir Ni'am NPM.720720234
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Metode Ummi
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anton Budi Siswoyo
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:03
Last Modified: 26 Sep 2024 03:03
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4485

Actions (login required)

View Item View Item