Humaidi, Moh. (2024) Peran Guru Dalam Membentuk Motivasi BelajarSiswa kelas V Melalui Penggunaan Teknologi Pendidikan di SDN Bindang 1. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
|
Text (Daftar Isi)
File3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text (Abstrak)
File2.pdf - Accepted Version Download (252kB) |
|
Text (BAB I)
FIle4.pdf - Accepted Version Download (205kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIle9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam membentuk motivasi belajar siswa kelas V SDN Bindang 1. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkanmelalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari guru dan siswa kelas V. Hasildari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa banyak siswa yang termotivasi untukbelajar karena guru telah melakukan perannya sebagai guru yang baik seperti: 1) Guru sebagai Demonstrator memiliki peran yang mana dapat menunjukkan sikapsikapyangbisamenginspirasimuriduntukmelakukanhal-halyangsamabahkandapatlebih baik. 2) Guru sebagai Fasilitator memberikan pelayanan untukmemudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Fasilitator, guru berperansebagai pembantu dalam pengalaman belajar, membantu perubahan lingkungan,serta membantu terjadinya proses belajar yang serasi dengan kebutuhan dankeinginan. 3) Guru sebagai Mediator menjadi penengah dalam kegiatan belajarsiswa, misalnya menengahi atau memberikan jalan keluar dalam kegiatan diskusisiswa. 4) Guru sebagai Pengelola Kelas menciptakan iklim belajar yangmemungkinkan siswa dapat belajar secara nyaman. 5) Guru sebagai Motivatorpendorong siswa dalam rangka meningkatkan kegairahan dan pengembangankegiatan belajar siswa. 6) Guru sebagai EvaluatorEvaluator berperan untukmengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telahdilakukan. Peran guru dalam membentuk motivasi belajar siswa kelas V SDNBindang 1 telah dilaksanakan oleh guru dengan baik. Dalam meningkatkan kinerjasebagai guru tentunya juga harus didukung dengan inisiatif siswa itu sendiri yangnantinya juga dapat membentuk motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Moh. Hamidi NPM720720229 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi, Teknologi Pendidikan |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:12 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:13 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4469 |
Actions (login required)
View Item |