Fahrika, Anna (2024) Peran Guru Dalam membantu Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model pembelajaran PJBL Pada Pembelajaran IPAS. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (91kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (111kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peran guru dalammembantu kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penggunaan modelpembelajaran PjBL siswa kelas V SDN Gunggung 1. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif. Sumber dari penelitian ini yaitu berasal dari dataprimer dan data sekunder, data primer terdiri dari hasil observasi dan wawancarapada 5 peserta didik dan 1 guru kelas V sedangkan data sekunder terdiri dari datadokumentasi SDN Gunggung 1. Teknik pengumpulan data penelitian inimenggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkaninstrumen penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dengan 23pertanyaan wawancara kepada peserta didik serta sebanyak 18 pertanyaanwawancara kepada guru dan lembar dokumentasi. Analisis data dari penelitian inimenggunakan 3 analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Pengujian kreadibilitas data dari penelitian yaitu menggunakan triangulasidiantaranya waktu, teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPeran guru dalam membantu kemampuan berpikir kreatif siswa melalui modelpembelajaran PjBL pada pembelajaran IPAS siswa kelas V SDN Gunggung 1yaitu: menggunakan metode yang unik dan bervariasi, menggunakan media saat pembelajaran berlangsung sesuai materi, memberi motivasi atau dorongan saatkegiatan pembelajaran berlangsung, memberi apresiasi berupa pujian atau hadiah, memberikan bantuan ketika siswa mengalami kesulitan dalam belajar,memberikan ulangan atau evaluasi, menjawab dan mengajukan pertanyaan yangsesuai dengan materi, menyampaikan gagasan atau pendapat yang relevan denganmateri, menghasilkan karya, baik secara individu maupun dalam kelompok,mengemukakan hasil karya dengan rinci.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Anna Fahrika NPM.720720224 |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif, Proyek Based Learning |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:34 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:34 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4448 |
Actions (login required)
View Item |