Efektivitas model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) melalui metode calistung Untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Siswa kelas I di Sdn Pabian III

Firdaus, Akhmad Sahril (2024) Efektivitas model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) melalui metode calistung Untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Siswa kelas I di Sdn Pabian III. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version

Download (93kB)
[img] Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Efektivitas model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) melalui metode calistung Untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Siswa kelas I di Sdn Pabian III Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektivan modelpembelajaran PBL (problem based learning) melalui metode calistung untukmeningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas I di SDN Pabian III. Penelitianini dilaksanaakan pada semester genap tahun ajaran 2023-2024.menggunakanpendekatan kuantitatif, jenis penelitian metode eksperimen dengan desainpenelitian pre-test dan post-test. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas 1SDN Pabian III. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposivesampling. Soal pre-test dan pos-test diberikan kepada siswa berupa soal esaisebanyak 10 butir. Sedangkan dokumentasi berupa data-data sekolah, data siswa,serta dokumen lainnya sebagai pelengkap data setelah terkumpul. Berdasarkananalisis data pre-test dan post-test dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa modelpembelajaran PBL (Problem Based Learning) melaui metode calistung untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SDN Pabian III pada selang kepercayaan95%. Dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis uji-t Paired Sampel t- testdiketahui nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.002<0.05 jadi Ha diterima Ho ditolak. Dapat dibuktikan juga dari hasil rata-rata nilai pre-test sebesar 65.00 < darinilai post-test sebesar 78.57. hal ini membuktikan bahwa terdapat efektivitas modelpembelajaran PBL (Problem Based Learning) melalui metode calistung untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pabian III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Akhmad Sahril Firdaus NPM720720222
Uncontrolled Keywords: PBL (Problem Based Learning), Metode Calistung, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anton Budi Siswoyo
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:01
Last Modified: 19 Sep 2024 02:01
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item