Firdaus, Akhmad Sahril (2024) Efektivitas model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) melalui metode calistung Untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Siswa kelas I di Sdn Pabian III. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (93kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (174kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (925kB) |
Abstract
Efektivitas model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) melalui metode calistung Untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Siswa kelas I di Sdn Pabian III Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektivan modelpembelajaran PBL (problem based learning) melalui metode calistung untukmeningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas I di SDN Pabian III. Penelitianini dilaksanaakan pada semester genap tahun ajaran 2023-2024.menggunakanpendekatan kuantitatif, jenis penelitian metode eksperimen dengan desainpenelitian pre-test dan post-test. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas 1SDN Pabian III. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposivesampling. Soal pre-test dan pos-test diberikan kepada siswa berupa soal esaisebanyak 10 butir. Sedangkan dokumentasi berupa data-data sekolah, data siswa,serta dokumen lainnya sebagai pelengkap data setelah terkumpul. Berdasarkananalisis data pre-test dan post-test dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa modelpembelajaran PBL (Problem Based Learning) melaui metode calistung untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SDN Pabian III pada selang kepercayaan95%. Dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis uji-t Paired Sampel t- testdiketahui nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.002<0.05 jadi Ha diterima Ho ditolak. Dapat dibuktikan juga dari hasil rata-rata nilai pre-test sebesar 65.00 < darinilai post-test sebesar 78.57. hal ini membuktikan bahwa terdapat efektivitas modelpembelajaran PBL (Problem Based Learning) melalui metode calistung untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pabian III.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Akhmad Sahril Firdaus NPM720720222 |
Uncontrolled Keywords: | PBL (Problem Based Learning), Metode Calistung, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:01 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:01 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4339 |
Actions (login required)
View Item |