Cahyani, Shefya Regina Putri (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Iii Sdn Guluk-Guluk Iv. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (473kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (488kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
Abstract
nelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalampembelajaran Tematik kelas III SDN Guluk-Guluk IV dan Untuk mengetahuifaktor apa saja yang memengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaranTematik pada siswa kelas III SDN Guluk-Guluk IV. Dalam penelitian ini penelitimenggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yangbersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi,Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan model Miles and Huberman yaitu Reduksi data, Penyajian data danpenarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan tentangbagaimana kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik serta faktor apasaja yang memengaruhinya. Hasil dari penelitian ini yaitu Siswa yang mengalamikesulitan belajar tematik cenderung lebih lamban dalam mengikuti kegiatanbelajar mengajar (processing Speed), nilai tugas harian yang rendah (Academic),menunjukkan sikap yang kurang wajar (Social) dan sulit membuat pemahamanbaru (Metacognition), sulit memahami dan menafsirkan apa yang mereka dengar,rasakan dan juga apa yang mereka lihat (Perception), kurangnya fokus dalammemperhatikan pembelajaran yang di sampaikan oleh guru (Attention), terlalubanyak melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat (Memory). Faktor yangmenyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu faktor Internal dan Faktor Eksternal.Faktor internal meliputi a) Daya tangkap lemah dan rendahnya literasi siswa b)Kebiasaan belajar yang kurang/ tidak baik c) Jenuh Pada saat pembelajaranTematik d) Kurangnya konsentrasi dan Respons Siswa Pada Saat MengikutiPembelajaran sedangkan Faktor Eksternal yaitu Pengaruh dari masyarakat danlingkungan siswa yang memberikan pengaruh negatif terhadap proses belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Shefya Regina Putri Cahyani NPM720720221 |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:03 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:03 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4334 |
Actions (login required)
View Item |