Afilia, Airin Sinta (2024) Peran Sudut Baca Dalam Mendukung Literasi Membaca Siswa Kelas Ii SDN Karangduak II. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (239kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (371kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
Abstract
Pengenalan pada literasi baca tulis dapat dimulai sejak dini mulai pada peserta didik Sekolah Dasar (SD). Rendahnya minat baca menjadi salah satu permasalahan dalam peningkatan literasi membaca. Sudut baca merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi membaca. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan peran sudut baca dalam mendukung literasi membaca siswa kelas II SDN Karangduak II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian reliabilitas data meliputi triangulasi waktu, metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa di SDN Karangduak II telah menyediakan sudut baca di Kelas II. Upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan sudut baca adalah dengan melakukan pembiasaan membaca 5 menit sebelum pelajaran dimulai. Selain itu, untuk menarik perhatian para siswa maka koleksi buku di sudut baca selalu diperbaharui secara berkala. Para siswa sangat senang dengan adanya sudut baca. Meskipun sebagian kecil siswa di Kelas II tidak menyukai sudut baca karena mereka merasa di paksa untuk membaca di sudut baca. Keterbatasan koleksi buku di SDN Karangduak II menjadi hambatan penyelenggaraan sudut baca di SDN Karangduak II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Airin Sinta Afilia NPM720720216 |
Uncontrolled Keywords: | Sudut Baca, Literasi, Membaca |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:59 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:59 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4268 |
Actions (login required)
View Item |