Alfarihah, Rani Aulia (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Tangga Pintar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN Marengan Daya 1. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (405kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (458kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena banyaknya siswa yang merasa bosan dan hasil belajar yang rendah pada pelajaran matematika karena kurangnya media pembelajaran dan model pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektifitas media tanga pintar dengan model problem based learning terhadap hasil belajar, Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (quasy eksperiment) yang mengunakan populasi sebanyak 46 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas ekspreimen dan kelas control. Intrument penelitian yang peneliti gunakan yaitu, tes, obervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sampel t-test. uji-t independen sample t-test pada nilai Posttest kelas eksperimen dan Posttest kelas kontrol terdapat hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004. Nilai sig (2-tailed) 0,004 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan ha diterima dan ho ditolak. Nilai hasil pretest kelas eksperiment lebih besar dari pada nilai pretest dan posttest kelas control, hal itu di buktikan dengan uji-t dimana rata-rata nilai kelas ekpepriment adalah 78,69, sementara kelas kontrol mendapat rata nilai 68,26. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kefektivitasan media tangga pintar dengan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SDN Marenagn daya I.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rani Aulia Alfarihah NPM720720211 |
Uncontrolled Keywords: | tangga pintar, PBL, hasil belajar |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:55 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:55 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4186 |
Actions (login required)
View Item |