Zulkarnain, Nadiah (2024) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantukan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Larangan Barma II. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
FIle2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (306kB) |
|
Text (BAB I)
FIle4.pdf - Accepted Version Download (428kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di lakukan oleh peneliti karena kurangnya minat siswa di SDN Larangan Barma terhadap mata pelajaran IPAS yang berpedoman dengan buku paket yang berisi gambar dan tulisan saja tidak ada hal yang menarik perhatian siswa terhadap proses pembelajaran di kelas yang masih menggunakan metode konvensional, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti penelitian ini dengan judul efektivitas penggunaan media pembelajaran video animasi berbantukan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Larangan Barma II Kecamatan Batuputih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran video animasi berbantukan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Larangan Barma II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-eksperiment dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi siswa kelas V SDN Larangan Barma II Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas. Pengujian hipotesis didalam penelitian menggunakan uji paired sample t-test . Proses analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. hasil uji normalitas menunjukkan P-value pada Sig. (2-tailed) pada pretest adalah 0,200 > 0,05 dan untuk P-value pada Sig. (2tailed) pada posttest adalah 0,200 >0,05. Maka disini dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t-test di atas dengan bantuan sofware komputer SPSS ver 25 yang menunjukkan hasil PValue pada Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang artinya < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Nadiah Zulkarnain NPM720720209 |
Uncontrolled Keywords: | media video animasi, PBL(Problem Based Learning), dan hasil belajar. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:55 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:55 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4151 |
Actions (login required)
View Item |