Herlina, Herlina (2024) Efektivitas Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Kelas II SDN Gunggung I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (231kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (256kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
FIle10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media corong berhitung terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian kelas II di SDN Gunggung 1. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu, nilai siswa berada di bawah KKM, dengan persentase sebesar 40%. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas II SDN Gunggung 1 dan objek penelitian efektifitas media corong berhitung terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel independen. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dengan paired sample test dan uji homogenitas menggunakan SPSS 26. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi pretest dan postest pada kelas eksperimen (0,083 dan 0,154) lebih besar dari 0,05, menunjukkan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi (based on mean) sebesar 0,962, sehingga sampel memiliki varian yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar perkalian siswa menggunakan media corong lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa media corong efektif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t paired sample t-test, di mana pada bagian "Pretest postest" diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak. Hasil rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen 100”. Dengan demikian, terdapat efektifitas yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa media corong berhitung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Gunggung 1 dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi perkalian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Herlina NPM720720200 |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Corong berhitung, Hasil belajar |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 06:18 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 06:18 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4103 |
Actions (login required)
View Item |