Firda, Firda (2024) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Ekosistem Mangrove Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII Di MTs Sayyid Yusuf Talango. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
FIle1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (940kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (404kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (414kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran untuk menghubungkan pokok bahasan dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi. Wujud dari pembelajaran kontekstual adalah menggunakan suatu perangkat pembelajaran yang bersifat kontekstual yaitu LKPD berbasis ekosistem mangrove. Pada penelitian sebelumnya membuktikan bahwa LKPD berbasis ekosistem mangrove dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi juga sangat diperlukan pada abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa kelas VIII di MTS Sayyid Yusuf dengan penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis ekosistem mangrove. Untuk jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen untuk menerapkan LKPD berbasis ekosistem mangrove dan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional dengan menggunakan LKS kurikulum 2013 yang biasa digunakan di sekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas eksperimen dan kontrol diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan keterampilan komunikasi setelah penerapan LKPD berbasis ekosistem mangrove. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji Mann Whitneey yang memperoleh nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti ditolak dan diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Firda NPM720710385 |
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Mangrove, Keterampilan Komunikasi |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 01:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 01:27 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4078 |
Actions (login required)
View Item |