Zayyadi, M (2024) Peran Guru Dalam Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Candi I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
FIle3.pdf - Accepted Version Download (52kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (593kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (802kB) |
Abstract
Pendidikan adalah bagian dari usaha suatu bangsa untuk terns meningkatkan kualitas sumber daya manusia, oleh karena itu tak heran bila pendidikan menjadi salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Guru merupakan unsur utama dalam pendidikan, Peran guru sangat penting bagi kualitas pendidikan, Peran guru sebagai unsur utama dalam pendidikan dan pemimpin pembelajaran menjadikan guru memiliki peranan penting terhadap kualitas pendidikan (Juraidah & Hartoyo, 2022) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkembangkan kemarnpuan berpikir siswa melalui penguatan profil pelajar pancasila.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5. Instrumen pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru dalam mendampingi siswa melalui penerapan profil pelajar Pancasila, salah satunya dalam menangani masalah sampah plastik, sangat penting. Guru memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis melalui pengelompokan berdasarkan masalah yang dihadapi, yakni sampah plastik di sekolah. Dalam proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PS), siswa didorong untuk memecahkan masalah sampah plastik melalui berbagai karya kreatif yang terbuat dari bahan plastik bekas seperti pot tanaman dan tempat pensil yang t.erbuat dari bahan botol plastik. Proyek ini mendorong siswa untuk memilah sampah plastik dan non-plastik serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis clan bersikap proaktif. Hasil dari proyek PS menunjukkan bahwa melalui daur ulang sarnpah plastik, siswa tidak hanya meningkatkan keterampilan berpikir kritis tetapi juga menunjukkan sikap yang lebih peduli terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | M Zayyadi NIM719720173 |
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 01:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 01:27 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4066 |
Actions (login required)
View Item |