Firman, Hadiratus S (2024) Peran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Semangka di Desa Baban Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Cover)
File1_compressed.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (299kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (294kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V Penutup)
Kesimpulan.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 9_compressed.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
Peran pemasaran dalam meningkatkan pendapatan petani semangka di Desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. Firman Hadiratus. S, NPM.720311040; 2024: 46 halaman. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Wiraraja. Semangka merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia, karena rasanya segar dan kaya manfaat (Efrizal et al. 2011). Nilai jual buah ini relatif tinggi dengan harga rata rata tingkat produsen Rp 3.668, di Jawa Timur (Bestario Harlan et al. 2020). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagiamana peran pemasaran dalam meningkatkan pendapatan petani semangka dengan cara mengolah data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS for windows. Lokasi pengambilan data yaitu di Desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. Populasi pada penelitian ini yaitu petani semangka yang ada di Desa Baban, sedangkan sampel diambil dengan cara simple random sampling. Terdapat dua belas petani semangka dan hanya diambil sembilan responden dikarena memiliki luas lahan yang relatif homogen (1.250-2.500 m2). Metode pengambilan datanya yaitu dengan cara observasi dan membagikan kuesioner sebagai alat pengukuran variabel. Tahapan yang dilakukan dalam menganalisa permasalahan yaitu uji intrumen, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier sederhana. Dari uji validasi instrumen variabel pemasaran terdapat tiga pernyataan yang valid dan terdapat enam pernyataan yang tidak valid. Hasil uji asumsi klasik data berdistribusi normal dan tidak ada multikolinearitas serta tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi. Untuk hasil pembahasan yaitu uji f menunjukan bahwa tidak ada kontribusi antara pemasaran dalam meningkatkan pendapatan petani semangka. Nilai signifikansi pada uji F lebih besar dari α = 0,05 dan koefisien determinasi (R2) hanya 0,019. Hal tersebut juga diperkuat dari uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi pemasaran (X) terhadap pendapatan (Y) adalah 0.726 > 0,05 dan nilai t hitung (0,365) < t tabel (2.262). Artinya pendapatan banyak dipengaruhi oleh faktor lain diluar pemasaran. Kata kunci: pemasaran, distribusi, pendapatan, usahatani semangka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Firman Hadiratus S NPM720311040 |
Uncontrolled Keywords: | Penasaran, Distribusi, Pendapatan, Usahatani Semangka. |
Subjects: | 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Firman Hadiratus S |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:17 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3881 |
Actions (login required)
View Item |