Dasimasari, Dwi (2024) Perilaku Agresif Pada Siswa Tunagrahita. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1..pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (52kB) |
|
Text (BAB 1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (171kB) |
|
Text (BAB 2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 11.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 12..pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (943kB) | Request a copy |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) mengalami keterlambatan dalam perkembangan fisik dan non-fisik. Salah satu dari ABK yaitu anak penyandang tunagrahita. Perilaku yang sering ditunjukkan oleh anak tunagrahita yaitu perilaku agresif. Perilaku agresif muncul ketika emosinya tinggi sehingga siswa tunagrahita akan melakukan apapun yang akan merugikan dirinya sendiri bahkan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini untuk menjelaskan perilaku agresif pada siswa tunagrahita di SLB Yasmin Kabupaten Sumenep. Desain penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dilaksanakan di SLB Yasmin Kabupaten Sumenep pada bulan Februari 2024 sebanyak 6 informan siswa tunagrahita, 2 informan kunci guru pengajar siswa tunagrahita dan 2 orang tua siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan yaitu analis tematik. Hasil penelitian didapatkan interaksi antar siswa tunagrahita yang bicaranya diulang-ulang dan respon yang tidak jelas, faktor penyebab perilaku agresif ketika emosinya tinggi dan perilaku siswa tunagrahita terhadap lingkungan sekitar dengan melempar barang. Perilaku agresif dapat terkontrol jika orang tua dan guru pengajarnya terlibat dalam hal tersebut untuk memberikan pemahaman kepada anak tunagrahita. Siswa Tunagrahita dapat mengontrol perilaku agresif dengan adanya hukuman yang membuat jera atas perilakunya. Oleh karena itu perlu adanya program pelatihan dan pembelajaran khusus secara berkelanjutan yang dapat menangani perilaku agresif pada siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dwi Dasimasari NPM720621406 |
Uncontrolled Keywords: | perilaku agresif, interaksi, tunagrahita |
Subjects: | 600 – Technology > 610 Medicine & Health > 610.73 Nursing and Services of Allied Health Personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Dwi Dasimasari |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:37 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3739 |
Actions (login required)
View Item |