Strategi Pemasaran Rengginang Lorjuk Cap Dua Udang di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

Ridlwan, Ach. Royhanur (2024) Strategi Pemasaran Rengginang Lorjuk Cap Dua Udang di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
Soft C Roy 1_compressed.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
Soft C Roy 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRACT)
Soft C Roy 3.pdf - Accepted Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1)
Soft C Roy 4.pdf - Accepted Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2)
Soft C Roy 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Soft C Roy 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Soft C Roy 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Soft C Roy 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Soft C Roy 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu Desa di Kecamatan Pragaan yang terkenal dengan produk olahan makanan rengginang yaitu Desa Prenduan. Rengginang dalam Bahasa Madura biasa disebut dengan “nang-ghinang” yang terbuat dari bahan utama beras ketan. Permasalahan yang kerapkali dihadapi oleh usaha ini adalah kecilnya modal yang dimiliki, pemasaran dan distribusi produk yang dibawah standar karena kurangnya upaya untuk memperluas distribusi dan promosi, kurangnya alat produksi masa kini yang dapat mendukung produksi yang efisien, dan harga bahan baku yang cenderung selalu meningkat. Penentuan lokasi pada penelitian ini dilakukan secara sengaja pada usaha rengginang lorjuk Dua Udang di Desa Prenduan Onggaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep melalui pertimbangan bahwa usaha tersebut merupakan salah satu usaha rengginang yang sudah berdiri cukup lama namun skala usaha yang masih tetap dan tidak meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui unsur-unsur eksternal dan internal yang terdapat pada usaha rengginang lorjuk cap Dua Udang dan (2) menciptakan alternatif teknik pemasaran kompetitif yang unggul dan tepat serta selaras dengan kebijakan pada usaha rengginang lorjuk Dua Udang. Informan pada penelitian ini adalah pemilik usaha sebagai informan kunci dan para tenaga kerja usaha rengginang lorjuk Dua Udang sebagai informan utama. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis matriks IFAS, matriks EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 16 faktor internal pada usaha rengginang lorjuk Dua Udang yang terdiri dari 8 faktor kekuatan dan 8 faktor kelemahan. Serta terdapat 10 faktor eksternal yang terdiri dari 6 faktor peluang dan 4 faktor ancaman. (2) strategi yang diperoleh usaha rengginang lorjuk Dua Udang adalah strategi SO (Strengh-Opportunities) atau strategi agresif yaitu khususnya dengan menjaga harga tetap sama dan menjaga kualitas produk untuk meningkatkan permintaan dan loyalitas pelanggan, meningkatkan kapasitas produksi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, menjaga hubungan baik dengan para tenaga kerja untuk menciptakan pribadi yang lebih produktif, serta memperluas target pemasaran dengan memanfaatkan jaringan distributor yang sudah ada. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Makanan Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ach Royhanur Ridlwan NPM720311073
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, makanan tradisional
Subjects: 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Ach. Royhanur Ridlwan
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:17
Last Modified: 02 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3700

Actions (login required)

View Item View Item