Insan, Shilah Hablul (2024) Batasan Tanggung Jawab Hukum Perdata Atas Kerugian yang Ditimbulkan Pilot Terhadap Penumpang. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Cover)
1. COVERR.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (46kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1.pdf - Accepted Version Download (238kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
Abstract
Undang-Undang penerbangan pasal 141 ayat (2) menyatakan apabila kerugian sebagaimana yang di maksud pada ayat 1 timbul karena tindakan sengaja atau kesalahan dari pengangkut atau orang yang di pekerjakannya, pengangkut bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dan tidak dapat mempergunakan ketentuan dalam Undang-Undang untuk membatasi tanggung jawabnya. Undang-Undang ini mendorong prinsip norma samar, yang merupakan standarisasi teknis, prosedur, dan peraturan yang di setujui oleh Badan Keamanan Penerbangan Indonesia (BKPI) untuk meningkatkan keselamatan terkait batasan tanggung jawab pilot yang menimbulkan suatu kerugian. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana batasan tanggung jawab hukum perdata seorang pilot terhadap penumpang dan bagaimana peraturan hukum perdata terhadap kerugian penumpang yang di sebabkan pilot dalam kecelakaan pesawat terbang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui batasan tanggung jawab hukum perdata dan juga pengaturan hukum perdata terhadap kerugian penumpang yang terjadi dalam sebuah kecelakaan pesawat. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif. Sedangkan bahan hukum menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, serta pendekatan penelitian yaitu statue approach,dan conceptual approach. Teknik penelusuran bahan hukum yaitu studi kepustakaan, sedangkan analisis bahan hukumnya yaitu analisis deskriptif kualitatif. Batas Tanggung jawab seorang pilot saat terjadinya kecelakaan pesawat terbang yang di sebabkan karena tindakan disengaja ataupun kesalahan yang dapat merugikan penumpang mereka dapat dimintai pertanggung jawaban berdasarkan Pasal 1353 dan Pasal 1365 KUHPerdata, yang menyatakan bahwa perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian pada orang lain mengharuskan pelaku untuk memberikan ganti rugi. Hal ini juga diatur dalam Pasal 141 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yang menegaskan bahwa pengangkut bertanggung jawab atas kerugian yang dialami penumpang akibat kecelakaan. Kata kunci : Tanggung Jawab Hukum, Kecelakaan Pesawat,Kerugian Penumpang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SHILAH HABLUL INSAN NPM720412146 |
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab Hukum, Kecelakaan Pesawat,Kerugian Penumpang |
Subjects: | 300 – Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Shilah Hablul Insan |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:24 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3642 |
Actions (login required)
View Item |