Ibadhillah, Dwi (2024) Anomali Pengaturan Dimensi Kendaraan Bermotor. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
1. COVER.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (127kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB I.pdf - Accepted Version Download (360kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB IV PENUTUP.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Konflik Norma adalah keadaan dimana suatu norma telah dibuat tetapi bertentangan atau tidak sesuai dengan norma hukum lainnya. Dalam sistem hukum, konflik norma merupakan suatu keadaan dimana dalam satu objek pengaturan terdapat dua norma yang saling bertentangan sehingga terhadap objek pengaturan tersebut, hanya dapat diterapkan salah satu norma dengan konsekuensi norma lainnya harus dikesampingkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana akibat hukum adanya anomali pengaturan dimensi kendaraan bemotor serta bagaimana penyelesaian anomali pengaturan dimensi kendaraan bemotor. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui secara jelas akibat hukum adanya anomali pengaturan dimensi kendaraan bemotor serta untuk mengetahui secara jelas penyelesaian anomali pengaturan dimensi kendaraan bemotor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif (Legal reseach). Sedangkan pengumpulan data menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dari bahan-bahan ilmu hukum yang berhubungan erat dengan permasalahan yang akan ditelaah, antara lain Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Penyelengaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta melalui data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui literatur-literatur dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif normatif. Adapun hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa akibat hukum adanya anomali pengaturan dimensi kendaraan bermotor yaitu pemberian sanksi administratif dan sanksi pidana, serta penyelesaian anomali dimensi kendaraan bermotor bisa diselesaikan dengan menggunakan 3 asas yaitu: asas lex superior derogat legi inferiori, asas lex posterior derogat legi priori, dan asas lex specialis derogat legi generali, dari ketiga asas tersebut diatas yang paling cocok dengan permasalahan adalah menyelesaikanya dengan Asas lex superior derogate lex inferior karena asas ini berarti aturan yang lebih tinggi mengesampingkan aturan yang lebih rendah dan merupakan kewenangan Mahkamah Agung. Kata Kunci: Konflik Norma, Dimensi Kendaraan, Kendaraan Bermotor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | DWI IBADHILLAH NPM720412120 |
Uncontrolled Keywords: | Konflik Norma, Dimensi Kendaraan, Kendaraan Bermotor. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Dwi Ibadhillah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:22 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:18 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3637 |
Actions (login required)
View Item |