Tarisa, Sitti Nor (2024) Tanggung Jawab Provider Terhadap Konsumen Dalam Perjanjian Berlangganan. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
file 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
file 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
file 3.pdf - Accepted Version Download (63kB) |
|
Text (BAB1)
file 4.pdf - Accepted Version Download (241kB) |
|
Text (BAB2)
file 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB3)
file 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB4)
file 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
file 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
Abstract
Industri Telekomunikasi Indonesia berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan perekonomian nasiaonal, berbagai produk terus bermunculan, khususnya jasa telekomunikasi di bidang internet. Kemajuan teknologi internet telah memudahkan siapapun untuk menggunakannya kapan saja dan dimana saja. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini yaitu mengenai bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen jika PT.Telkom tidak memenuhi perjanjian berlangganan dan bagaimana tanggung jawab oleh PT.Telkom ,terhadap konsumen apabila terjadi gangguan jaringan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yaitu menggunakan tipe penulisan yuridis normatif yang berdasarkan dari hasil kajian buku-buku, jurnal-jurnal dan undang-undang yang berhubungan dengan perlindungan konsumen dan tanggung jawab terhadap konsumen. Dan menggunakan pendekatan perundang-undangan sehingga pengumpulan dan pengolahan bahan hukum. Hasil dari penelitian skripsi ini yaitu : 1) perlindungan hukum terhadap konsumen jika PT.Telkom tidak memenuhi perjanjian berlangganan sehingga dapat digunakan aturan pelaksanannya yaitu Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen diatur mengenai Hak dan kewajiban konsumen. 2) tanggung jawab oleh PT.Telkom terhadap konsumen apabila terjadi ganguan jaringan adalah suatu perlindungan yang diberikan kepada subyek hukum sesuai dengan aturan hukum, baik itu yang bersifat pencegahan (preventif) maupun yang bersikap pemaksaan (represif), baik secara tertulis maupun tidak tertulis dalam rangka menegakkan peraturan hukum. Dan memberikan kompensasi atau ganti rugi. Dapat ditarik kesimpulan kontrak baku berlangganan PT.Telkom, dilakukan sosialisasi atau penjelasan terlebih dahulu kepada konsumen yang akan berlangganan mengenai syarat dan ketentuan berlangganan. Dan saran Perlindungan Konsumen yang diberikan PT.Telkom sekiranya sesuai dengan kenyataan yang terjadi agar konsumen mengetahui bahwa hak-haknya dilindungi dan mengetahui secara jelas tanggung jawab PT.Telkom selaku pelaku usaha. Kata kunci: Tanggung jawab, PT.Telkom, Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sitti Nor Tarisa NPM720412109 |
Uncontrolled Keywords: | Tanggung jawab, PT.Telkom, Konsumen |
Subjects: | 300 – Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Sitti Nor Tarisa |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:37 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:37 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3504 |
Actions (login required)
View Item |