Hairiya, lftita (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Peserta Didik Kelas VIII-4 SMP Yas'a. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1_compressed.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (0B) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (0B) |
|
Text (BAB2)
File 5_compressed.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (BAB3)
File 6_compressed.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (BAB4)
File 7_compressed (2).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10_compressed (1).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA di SMP Yas'a Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap motivasi intrinsik dan esktrinsik peserta didik, dan mendeskripsikan motivasi intrinsik dan ekstrinsik peserta didik selama pembelajaran dengan model project based learning pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 peserta didik dan kelas VIII-6 sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksaan pembelajaran untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran terlaksana atau tidak, menggunakan angket motivasi belajar untuk mengukur motivasi peserta didik sebelum penelitian, dan angket motivasi intrinsik dan ekstrinsik untuk mengukur motivasi intrinsik dan ekstrinsik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model project based learning terhadap motivasi intrinsik dan esktrinsik peserta didik, hal ini dibuktikan dengan basil analisis uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,00 (p < 0,05) sehingga Ha ditolak dan H, diterima; 2) Terdapat perbedaan motivasi intrinsik dan esktrinsik peserta didik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata• rata motivasi intrinsik kelas eksperimen 4,3 dan kelas kontrol 3,68, sedangkan motivasi ekstrinsik kelas eksperimen 4,25 dan kelas kontrol 3,63. Kata Kunci: Project Based Learning, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 03:23 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 03:23 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3229 |
Actions (login required)
View Item |