Safitri, Nur Alfiana (2023) Efektivitas Dan Evaluasi Klasifikasi Model Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran IPA Di SMPN 2 Saronggi. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (724kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (815kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10_compressed (1).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka terdapat beberapa perubahan mendasar khususnya pada pembelajaran IPA ditingkat SMP/MTs/Sederajat, salah satunya yaitu proses belajar-mengajar menekankan pada pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bukan hal yang barn, namun penerapan aktivitas belajar mengajar masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kesalahan klasifikasi penerapan model berdiferensiasi pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 52 siswa kelas VII-Adan kelas VII-B di SMPN 2 Saronggi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis statistik dengan bantuan dari program Statistical Product and Service Solution (SPSS) sebagai alat untuk meregresikan model yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol yang menerapkan model think, pair, and share dan kelas eksperimen yang menerapkan model berdiferensiasi, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,064 lebih besar daripada t tabel alpha cronbach sebesar 1,675. Penerapan model berdiferensiasi pada pembelajaran lebih efektif dibandingkan penerapan model link, pair, and share, dibuktikan dengan hasil nilai N-Gain Score yang didapatkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yakni 41,95% dan 51,59%. Nilai N-Gain Score pada kelas eksperimen yang menggunakan model berdiferensiasi masih tergolong rendah karena berada di bawah KKM, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model berdiferensiasi kurang efektif, hal ini disebabkan oleh adanya kesalahan klasifikasi (misklasifikasi) pada pengelompokan minat dan bakat siswa dalam proses pembelajaran. Pada hasil klasifikasi dengan analisis diskriminan terbukti secara statistik bahwa terjadi misklasifikasi sebanyak 50%. Kata kunci : Klasifikasi, Model Berdiferensiasi, Pembelajaran IPA, SPSS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Klasifikasi, Model Berdiferensiasi, Pembelajaran IPA, SPSS |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:12 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3227 |
Actions (login required)
View Item |