Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Propega (Proses Pembuatan Garam) Berbasis Kearifan Lokal Sumenep Pada Kelas III Sekolah Dasar

Putri, Herlina Diana (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Propega (Proses Pembuatan Garam) Berbasis Kearifan Lokal Sumenep Pada Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version

Download (0B)
[img] Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (599kB)
[img] Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini dengan berkembang pesatnya teknologi dan informasi, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin canggih. Dunia Pendidikan juga harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi agar tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi. Sehingga diharapkan media pembelajaran menjadi salah satu cara yang dapat dimanfaatkan guru untuk membantu pengetahuan dan menambah wawasan siswa menjadi antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan benda konkret. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahapan model Addie yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2015) yang terdiri dari 5 tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) mendeskripsikan dan mempraktikkan pengembangan media video pembelajaran animasi propega (Proses Pembuatan Garam) Berbasis Kearifan Lokal Sumenep Pada Kelas III Sekolah Dasar (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media video pembelajaran animasi propega (Proses Pembuata Garam) berbasis Kearifan lokal Sumenep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk, respon siswa, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini beradasarkan validasi desain media dan materi dengan persentase berturut-turut sebesar 96% dan 92,6% dengan kriteria "Sangat Sesuai" dan "Tidak Revisr. (2) hasil respon siswa atau uji coba produk terhadap 10 orang siswa sekolah dasar dipcroleh nilai dengan persentase sebesar 94% dengan kriteria "Sangat Baik". Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi propega (Proses Pembuatan Garam) dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai altematif media pembelajaran. Kata Kunci: Kearifan Lokal Sumenep, Animasi, Propega (Proses Pembuatan Garam).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal Sumenep, Animasi, Propega (Proses Pembuatan Garam).
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:15
Last Modified: 27 Feb 2024 03:15
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item