Arum, Rania Putri sekar (2023) Pengembangan Reox (Reading Box) Sebagai Media Ajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version Download (252kB) |
|
Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (510kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Reox (reading box), Membaca Permulaan Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, permasalahan yang ditemukan yakni terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, serta keterbatasan media yang dapat menunjang siswa dalam belajar membaca permulaan. Maka dari itu peneliti mengembangkan media Reox (reading box) yang difungsikan untuk membantu siswa dalam belajar membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan serta mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap media Reox (reading box) sebagai media ajar membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang• dalam bahasa Inggris disebut Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate).Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang diperoleh dari saran dan masukan para validator, guru, dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil penilaian validator dan skor hasil respon guru dan siswa. Media Reox (reading box) memperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 93%, dan hasil validasi ahli media sebesar 95%. Berdasarkan hasil yang diperoleh media Reox (reading box) termasuk dalam kategori sangat layak dan tidak revisi. Sedangkan untuk respon guru dan respon siswa terkait media Reox (reading box), diperoleh hasil persentase sebesar 90% dari respon guru, 87% dari respon siswa pada uji coba terbatas, dan 93% dari respon siswa pada uji coba lapangan. Sehingga media Reox (reading box) ini dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Reox (reading box) dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media ajar membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reox (reading box), Membaca Permulaan |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 03:10 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 03:10 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3221 |
Actions (login required)
View Item |