Febrianti, Yuliana Duwi (2023) Pengaruh Media Stik Gambar Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Kebunagung II. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version Download (162kB) |
|
Text (Daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (333kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text (BAB IV)
FIle 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
|
Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text (BAB VI)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan ialah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran dimana peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk mencapai kekuatan riligious keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan dalam masyarakat. Pembelajaran merupakan sumber daya yang sangat penting bagi setiap orang, saat ini pendidikan merupakan pondasi dari sebuah negara atau bangsa yang berkualitas. Media pembelajaran adalah berfungsi untuk merangsang proses berfikir pserta didik, serta membantu peserta didik dalam belajar dan bisa mempermudah pengajar untuk memberika materi. media pembelajaran khsuus nya "STIK GAMBAR" merupakan media yang digunakan pada materi penjumalahan dan pengurangan. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, One Group Pre Post Test Design yaitu rencangan perlakuan pada satu kelompok sampel yang sama tanpa perbandingan atau kelompok kontrol Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t (paired sample t-test) yang bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh dari variabel bebas "media pembelajara stik gambar berbantukan model problem based learning (PBL)" terhadap variabel terikat "hasil belajar matematika". Pengujian hipotesis uji-t (paired sample t-test) menggunakan softwer komputer SPSS ver 25 dengan dasar pengambilan keputusan yaitu: 1. Jika nilai signifikasi (2-tailed) 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima 2. Jika nilai signifikasi (2-tailed) 0,05 maka H, diterima dan H, ditolak. Model pembelajaran problem based learning (PBL) merupakan pembelajaran yang menekankan pada pengatasan masalah. Penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantukan media stik gambar ini berpengaruh tehadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II di SDN Kebunagung II secara signifikan pada selang kepercayaan 95% apat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest, yakni 73,33 > 61,67. Dapat dibuktikan dari hasil hipotesis menggunakan Uji t (paired sample t-test) pada bagian of the Difference diketahui nilai sig. (2- tailed ) sebesar 0,00 < 0,05 ting tse yaitu (9,66 >2,145). Terdapat beberapa hal yang dapat direkomendasikan pada penelitian ini. Rekomendasinya adalah penggunaan media pembelajaran stik gambar berbantukan model problem based learning (PBL) dapat memabantu keterampilan berpikir siswa dengan cara memberikan masalah sebelum proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Media Stik Gambar, Model PBL
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Stik Gambar, Model PBL |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 03:23 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 03:23 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3219 |
Actions (login required)
View Item |